PERKEMBANGAN KOMPUTER DALAM BIDANG SENI
Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta).
Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada + sejak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan manusia purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan moderen yang penuh ekspresi. Hal ini dapat kita lihat dari kebebaan mengubah bentuk. Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia Purba dengan manusia Moderen adalah terletak pada tujuan penciptaannya dan juga cara yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni.
Sesuai dengan perkembangannya untuk membuat sebuah karya seni sudah tidak lagi memerlukan ruangan yang besar serta tidak perlu membawa peralan yang sangat berat.Banyak para seniman membuat karyanya dengan menggunakan bantuan dari sebuah mesin,yaitu komputer.Hal itu karena banyak manfaat yang diberikan oleh komputer dalam hal seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
- Seni Gambar
Yang terdiri dari lukis, fotografi,grafik, desain arsitektur dan lain-lain.
- Seni musik.
- seni film.
- seni pertunjukan dan lain-lain.
Komputer dan seni gambar/picture/image
Manusia banyak dibantu dalam berbagai hal yang meliputi dalam hal proses menggambar (creating image), Mengubah gambar (image processing), Menyajikan gambar (image presenting).Gambar yang diproses secara komputasi di atas dapat berupa gambar apa saja dalam berbagai bentuk dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar dengan system komputer, gambar dibedakan dalam beberapa format yaitu :
1. Web page ( HTML ) adalah sebuah dokumen atau informasi sumber daya yang World Wide Web dan dapat diakses melalui web browser dan ditampilkan pada monitor atau perangkat mobile . Informasi ini biasanya dalam HTML atau XHTML format, dan dapat memberikan navigasi ke halaman web lain melaluihypertext cocok untuk link .halaman Web yang sering menggolongkan sumber daya lain seperti gaya lembar , skrip dan gambar ke dalam presentasi akhir mereka.
halaman Web mungkin akan diambil dari komputer lokal atau dari remote web serverintranet , atau mungkin menerbitkan halaman di World Wide Web. halaman Web yang diminta dan dilayani dari web server menggunakan Hypertext Transfer Protocol . Web server dapat membatasi akses hanya ke jaringan swasta, misalnya perusahaan (HTTP).
halaman web dapat terdiri dari file teks statis dan konten yang disimpan dalam web sever file sistem '( halaman web statis ), atau mungkin dibangun oleh sisi perangkat lunak server ketika mereka diminta (halaman web dinamis).side scripting klien dapat membuat halaman web lebih responsif terhadap input pengguna sekali pada browser klien.
2. GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.
GIF adalah format gambar asli yang dikompres dengan CompuServe. bitmap jenis ini mendukung 256 warna dan bitmap ini juga sangat popular dalam internet. Format GIF hanya dapat menyimpan gambar dalam 8 bit dan hanya mampu digunakan mode grayscale, bitmap, dan index color. Format ini merupakan format standar Internet atau publikasi elektronik. Selain itu format ini mendukung penggunaan multiple bitmap dalam satu file sehingga dapat menghasilkan gambar animasi dan merekam penggunaan Transparency Masking. GIF sering digunakan untuk mewarnai halaman HTML pada tag <body background="back.gif">, spanduk (banner), icon, dan lain-lain. GIF juga baik untuk menampilkan gambar dengan komposisi yang tidak menggunakan terlalu banyak warna, seperti gambar kartun. Sementara itu, GIF tidak cocok digunakan untuk menampilkan foto. GIF menggunakan metode Lossless Compression, untuk membuat ukuran file sekecil mungkin. Lossless Compressionadalah kompresi yang tidak mengurangi kualitas pada gambar, namun dapat memperkecil besarnya jumlah file, jadi tidak ada penghilangan data pada saat dilakukan kompresi.
KOMPRESI GIF
Format GIF menggunakan kompresi algoritma dari LZW (Lempel Zev Welch) yang dimiliki oleh Unisys.Pemegang hak cipta GIF kini dipegang oleh CompuServe Incorporated. Awalnya GIF adalah format yang bebas royalti bagi semua pengguna namun tahun 1955. Unisys memutuskan menarik royalti pada vendor pengguna GIF.
VERSI PERTAMA
Versi awal GIF adalah GIF87a dirilis pada tahun 1987 yang memiliki fasilitas :
· Kompresi LZW
· Dapat memasukkan gambar lebih dari satu dalam satu file dan menampilkan secara bergantian, animasi.
· Mengatur posisi gambar dalam latar GIF.
· Interlacing
Interlacing adalah sebuah teknik menampilkan gambar secara gradual.
Versi Kedua
Versi Kedua GIF yaitu GIF GIF98a, penambahan fasilitas pada GIF89a ini adalah:
· Dapat mengatur waktu dari tiap gambar.
· mengatur masukkan dari pengguna.
· Mengatur warna transparansi.
· Menyimpan komentar.
· Menampilkan baris dari teks.
· Menambahkan spesifikasi aplikasi yang digunakan dalam MC.
3. JPEG (Join Photographic Experts Group) format untuk gambar yang dibentuk oleh benyak warna dan spectrum seperti foto. JPEG adalah metode umum yang digunakan dari kompresi lossy untuk fotografi digital(gambar). Tingkat kompresi bisa diatur, memungkinkan tradeoff dipilih antara ukuran penyimpanan dan kualitas gambar. JPEG biasanya mencapai 10:01 kompresi dengan jelas kerugian sedikit di kualitas gambar.
JPEG kompresi akan digunakan dalam beberapa format file gambar JPEG / Exif adalah format gambar yang paling umum digunakan oleh kamera digital dan pengambilan gambar fotografi perangkat lain, bersama dengan JPEG / JFIF , itu adalah format yang paling umum untuk menyimpan dan mengirimkan gambar foto di World Wide Web format ini variasi sering tidak dibedakan, dan hanya disebut JPEG.
Istilah "JPEG" merupakan singkatan dari Joint Photograpic Experts Group yang menciptakan standar. The MIME jenis media untuk JPEG adalah image / jpeg (yang didefinisikan dalam RFC 1341 ), kecuali di Internet Exploler, yang menyediakan tipe MIME dari image / pjpeg ketika mengupload gambar JPEG.
JPEG kompresi akan digunakan dalam beberapa format file gambar JPEG / Exif adalah format gambar yang paling umum digunakan oleh kamera digital dan pengambilan gambar fotografi perangkat lain, bersama dengan JPEG / JFIF , itu adalah format yang paling umum untuk menyimpan dan mengirimkan gambar foto di World Wide Web format ini variasi sering tidak dibedakan, dan hanya disebut JPEG.
Istilah "JPEG" merupakan singkatan dari Joint Photograpic Experts Group yang menciptakan standar. The MIME jenis media untuk JPEG adalah image / jpeg (yang didefinisikan dalam RFC 1341 ), kecuali di Internet Exploler, yang menyediakan tipe MIME dari image / pjpeg ketika mengupload gambar JPEG.
format gambar ditentukan oleh jumlah warna yang membentuknya. Berikut adalah klasifikasi gambar berdasarkan warna yang membentuknya:
• 16 colors ( GIF )
• 256 colors ( GIF dan JPG )
• 16 milion ( JPG )
Foto dalam format JPEG yang diproses memiliki berbagai format yaitu:
• BMP - bitmap
• TIF – Tagged Image Fite Format
• PCX – Zsoft Paintbrush
• WMF – Windows Metal File
• 16 colors ( GIF )
• 256 colors ( GIF dan JPG )
• 16 milion ( JPG )
Foto dalam format JPEG yang diproses memiliki berbagai format yaitu:
• BMP - bitmap
• TIF – Tagged Image Fite Format
• PCX – Zsoft Paintbrush
• WMF – Windows Metal File
Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang.
Berikut adalah contoh software untuk editing FOTo:
![]() |
ACDsee pro |
![]() |
Adobe photoshop cs3 DESIGN GRAFIS Dalam penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal barn yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual, saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terfikirkan sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh tidak saja terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan proses kreasi bagi perancang grafis. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer. Bagaimana perancang memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dalam menghasilkan suatu penciptaan karya produk cetakan, yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai media penyampai informasi kepada khalayak sasarannya. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu perancangan menjadi titik tolak dalam penelitian ini. Diawali dengan pendahuluan yang menguraikan berbagai tahapan berfikir ilmiah untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas dan lengkap terhadap obyek yang akan diteliti, melalui suatu kegiatan penelitian yang bersifat dekriptif-kualitatif Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk desain grafis: Desktop publishing
Webdesign
Audio visual · Audio After Effect · Adobe Premier · Final Cut · Adobe Flash Rendering 3 Dimensi · 3D Sound Max · AutoCad · Blender · Google Sketch Up Arsitektur Kernudahan menggambar dengan teknik komputer juga dirasakan pada bidang arsitektur. Kini desain bangunan dapat di buat dalam perspective 3 dimensi bahkan berbentuk animasi. Selain itu design yang dibuat pun tampak sangat nyata. Pada umumnya design yang dibuat dengan komputer sangat mirip dengan bangunan yang telah terealisasi. Software yang digunakan misalnya ArchiCAD dan Paralelo Selain itu hal yang paling menakjubkan adalah, dengan komputer keindahan dan kecanggihan tekbologi berpadu. Dengan software tertentu seorang arsitek dapat membuat design bahkan blueprint yang indah dan sekaligus disertai dengandetail perhitungan konstruksi. Hal ini sangat membantu para awam untuk memahami design yang dibuat. Dari segi ekonomi pun, rancangan anggaran dapat dirancang secara lebih efisien. Kini telah hadir pula design perspektif 4dimensi yang di sajikan dalam bentuk animasi. Hal ini akan sangat meningkatkan efisiensi jika dibandingkan dengan membuat maket. Image Processing Setelah menciptakan gambar , komputer juga memiliki kemampuan untuk memproses gambar yang telah dibuat. Proses ditakukan dengan berbagai tujuan namun tujuan utamanya adalah mencapai keindahan yang mernuaskan. Gambar atau image yang diproses dapat berupa gambar yang dihasilkan dengan komputer maupun sumber lain seperti: ‑ Clip Art files, Web Pages ‑ Scanning ‑ Prints, negatives, 35mm slides ‑ Digital Cameras ‑ Draw an image from scratch Contoh Software yang digunakan untuk kepentingan ini misalnya: · Paint (Untuk proses pewarnaan) · Microsoft Paint · Lview Pro · Paint Shop Pro · Core [ Photo‑Paint ] · Draw (Untuk Proses menggambar) · PowerPoint · Core( Draw · ACDsee Dalam proses image processing, image yang di ciptakan dengan komputer lebih mudah diciptakan karena hanya dibentuk oleh titik dan garis berskala. Berbeda dengan image berupa foto, sulit dan rumit diproses karena dibentuk oleh pixel. PRESENTING AN IMAGE Setelah diciptakan , hasil karya seni yang telah dibuat kemudian akan disajikan dalam berbagai wujud. Untuk itu dibutuhkan berbagai hardware untuk merealisasikan karya seni ini. Printer adalah contoh yang sangat sederhana. Perkembangan printer terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah large scale printer Yang biasanya digunakan untuk mencetak image datam skala besar. Tentunya banyak keuntungan yang didapat dengan menggambar di komputer misalkan : 1. Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar. 2. Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat diperbaiki di layar komputer. 3. Dapat menciptakan gambar yang sulit dibuat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional, misalakan : Reizing an image, Cropping an image. komputer dan musik Dahulu untuk memainkan musik atau merekam musik harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system komputer atau digital yang dapat berupa sound effect, recording, maupun dalam music arranger. Kali ini akan dibahas sedikit mengenai music arranger. Langkah - langkah dalam Music Arranger : Pertama kali kita harus menyiapkan alat - alat yang akan dipakai, seperti : · OS Macintosh. Menggunakan soundcard yang Latensinya bagus yang berfungsi untuk mencegah suara yang terlambat untuk sampal ke komputer tersebut, karena bila suara tersebut terlambat maka akan mengganggu proses editing. · Kabel Midi, yang berfungsi untuk mengubah file Audio menjadi file Midi yang, dipergunakan untuk mempermudah kerja komputer tersebut. Tetapi dalam penggunaan Kabel Midi tersebut harus menggunakan sebuah software yang di Indonesia Masih langka untuk didapat. · Mixer yang berfungsi untuk mengatur volume secara manual, dan untuk membantu kerja komputer tersebut menggunakan software, seperti : ProotoIs, sonar 3, Nuendo, Cubase. Di dalam penggunaan software ini file untuk mengedit terbagi menjadi 2, yaitu : Audio dan Midi. Dalam penggunaan di dapur rekaman orang‑orang banyak menggunakan midi, disebabkan oleh mudahnya untuk mengedit suara yang keluar, MisalnyasSuara gitar diedit menjadi suara keyboard. Akan tetapi dalam hal ini untuk mengubah suara gitar menjadi keyboard amatlah sulit, karena software yang dijual di Indonesia masih langka, jadi hanya beberapa orang saja yang punya, tetapi akhir ‑ akhir ini sudah muncul gitar dengan konsep file Midi dan Audio, seperti gitar yang dipakai "Dewa Budjana" dan masih banyak lagi yang lain. Dan bisa juga menggunakan efek, yang berfungsi mengubah‑ubah suara dengan manambahkan distorsi, dan segala macamnya. Berikut dengan file Audio, kebanyakan file Audio dalam bentuk mentahnya, karena file tersebut tidak bisa diedit seperti halnya file Midi, dikarenakan software yang masih langka tadi. Yang digolongkan ke dalam file Audio adalah · Dj's komputer, alat untuk memberi suatu efek pada lagu. · Gitar · Bass · Vocal · Drum dan · Alat music Non keyboard Suara yang dihasilkan oteh file Audio tersebut misatnya Dalam orkestra, pertunjukkan Live, recording di studio band yang tidak menggunakan computer sebagai media untuk membantu. File Audio inj termasuk recording dengan menggunakan kaset, disebabkan karena kaset tidak dapat diedit, jika file tersebut disimpan di datam kaset maka hanya akan dapat kita putar, di Rew, dan di FF. Kebanyakan orang di dapur rekaman, merekam dalam bentuk CD, MP3, atau bentuk lainnya.Lalu ditransfer ke kaset untuk diperbanyak kemudian diedarkan ke toko musik. FORMAT LAGU DIGITAL Pada awalnya ketuaran PC (Personal Computer) komputer berbentuk visual: pertama kali pada kertas, kemudian layar monitor. Tetapi sekarang komputer juga bisa bersuara, dan bernyanyi. Saat ini aneh rasanya apabila komputer yang anda gunakan tidak dapat memperdengarkan musilk atau suara. Komputer bisu sudah menjadi masa lalu. Mula‑mula komputer hanya memitiki speaker internal yang cuma memperdengarkan bunyi be[ yang lebih cocok untuk isyarat morse. Kemudian dengan berkembangnya peranti pengolah audio yang lebih canggih, biasanya sound card, kualitas suara yang diperdengarkan komputer juga menjadi lebih baik. Speaker internal tidak lagi mencukupi dan speaker tambahan yang mampu mengeluarkan suara lebih jernih serta bertenaga kemudian menjadi kebutuhan. Tetapi kemampuan peranti keras secanggih apapun‑‑baik itu sound card maupun speaker‑tidak akan berguna bila tidak ada suara yang akan diperdengarkan. Suara ini umumnya berupa musik, baik instrumental maupun vokal. Komputer tentu saja 'mendengar' suara ini sebagai data. Data ini disimpan dalarn media dalam bentuk file. Salah satu sumber data audio pertama yang bisa mernuaskan telinga adalah compact disc (CD). CD menjadi pilihan media penyimpan yang baik bagi para penikmat musik yang menggunakan komputer, karena kuatitas suaranya yang tinggi dan bentuknya yang kompak. Namun buat komputer, bentuk CD tidak cukup kompak dan tidak cukup cepat. Ini terlihat ketika musik digital dengan format MP3 mulai merebak, serta bermunculannya pemutar MP3 yang bahkan lebih kecil daripada pemutar CD. Kompresi Salah satu kunci maraknya musik digital adalah kemajuan teknologi kompresi data. Kompresi atau pemampatan data memungkinkan data audio atau data jenis lainnya yang berukuran besar‑ditekan ukurannya menjadi jauh lebih kecil. Pernampatan ini bisa memperkecil data jadi seperseputuh kali, bahkan seperseratus kalinya. Sebagai contoh, nisbah kompresi data audio MP3 biasanya berkisar pada angka 11:1 bila dikompresi pada bitrate 128 kilobit per second (kbps). Ini artinya data yang belum dikompresi besarnya sebelas kali lipat dibandingkan data yang sudah dikompresi. (Apa arti bitrate? Kita akan membahasnya di bawah) Bila anda sering menggunakan program seperti WinZip, berarti anda sudah pernah mengkompresi data, karena WinZip adalah program untuk mengkompresi. Penghematan yang dicapaj dari kompresi bisa dilihat dari CD berisi musik dalam format MP3 yang banyak beredar di pasar Indonesia. CD Audio paling hanya mampu menampung sekitar 20 tagu, sedangkan CD yang berisi musik dengan format MP3 bisa berisi ratusan lagu. Inj karena kompresi MP3 nisbah kompresinya lebih tinggi daripada kompresi CD audio. Semua teknik kompresi data bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu lossless dan lossy. Dari namanya saja bisa ditebak bahwa kompresi lossless dilakukan tanpa ada kehilangan data. Salah satu teknik yang mudah misalnya menghilangkan redundansi (data yang berulang‑utang) dalam file. Kompresi lossy tidak hanya menghilangkan redundansi saja, tetapi juga bagian data yang dianggap tidak penting. Tentu saja ini tidak bisa ditakukan pada file teks atau program, karena setiap bagian file ini penting. Kompresi tossy umumnya dilakukan pada data multimedia, seperti gambar, audio atau video. Sebagai contoh pada file audio, dengan membuang data suara dengan frekuensi di luar selang 20 Hz‑20 KHz, cukup banyak penciutan ukuran yang dicapai. Telinga manusia tidak dapat mendengarkan suara di luar selang tersebut, sehingga data yang dibuang memang tidak ada gunanya. Ripping Dari mana anda mendapatkan musik digital anda? Dari Internet atau beti CD kumputan MP3? Bila anda men‑download gratis dari Internet, ada kemungkinan musik yang anda download itu hasil bajakan. CD berisi kumpulan file MP3 juga hampir dipastikan illegal Cara termudah dan termurah namun legal untuk menyimpan musik digital ke dalam hard disk anda adalah dengan mengkopinya dari CD audio. Tetapi‑‑seperti yang sudah dikatakan di atas‑trek lagu CD audio berukuran terlalu besar untuk disimpan di hard disk. Pemecahannya adalah dengan me‑rip trek lagu itu. Melalui proses ripping kita mengkonversi CD audio ke dalam format lain, umumnya MP3. Namun format alternatif lain yang lebih baik dan lebih hemat tempat sekarang juga sudah umum. Ripping ini bisa dilakukan dengan Windows Media Player versi terbaru yang diedarkan Microsoft secara cuma‑cuma. Windows Media Player 9 tidak hanya bisa merip CD ke dalarn format MP3 saja, tetapi juga WMA (Windows Media Audio). Peranti lunak gratis lain untuk merip CD juga dapat ditemukan di Internet, di antaranya LAME. Peranti penyunting musik juga kemungkinan memiliki kernampuan ini. Yang jelas, komputer saat ini bisa menjadi teman setia untuk melantunkan aneka koleksi musik ataupun lagu. Format atau bentuk data lagu tersebut memang bervariasi, tetapi itu tidak menjadi masalah bagi komputer. Sebagai proses digitalisasi terhadap format rekaman musik analog, lagu atau musik digital mempunyai beraneka ragam format. Maklum pada jawara komputer mempunyai berbagai teknologi kompresi. MP3 Singkatan dari MPEG, Audio Layer 3, MP3 menjadi format paling popular dalam musik digital. Kepoputeran MP3 disebabkan karena ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute. Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3‑menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro‑namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 WAV Standar suara de‑facto di Windows. Hasit ripping dari CD pada awalnya direkam dalam format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering dilewati. File dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya berukuran besar. AAC AAC adalah singkatan dari Advanced Audio Coding. Format ini merupakan bagjan standar Motion Picture Experts Group (MPEG), sejak standar MPEG‑2 diberlakukan pada tahun 1997. Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz - 2 kali MP3. Format ini digunakan Apple pada toko musik online‑nya, iTunes. K,ualitas musik daiam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah. WMA Salah satu yang menyebabkan format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA), disukai para vendor musik online adatah dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini. Kelebihan WMA tidak hanya itu saja. Kualitas musik yang ditawarkan forrnat WMA lebih baik daripada MP3. Tes yang ditakukan situs Extremetech.com menunjukkan format ini juga kualitasnya lebih baik daripada AAC. Format ini cukup populer. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan belum seluas MP3, kendati hal ini bisa berubah dalam waktu‑waktu mendatang. Ogg Vorbis (Ogg) Ogg Vorbis merupakan satu‑satunya format file yang terbuka dan gratis. format lain yang disebutkan di atas umumnya dipatenkan dan pengembang piranti lunak atau pembuat peranti keras harus membayar lisensi untuk produk yang dapat memainkan file dengan format terkait. Dari segi kuatitas, kelebihan Ogg Vorbis adalah kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain. Peranti lunak populer, Winamp dan pelopor pemutar MP3 portabet Rio sudah mendukung format ini dalam model terbarunya. Walaupun demikian dukungan peranti keras terhadap format ini masih jarang. Real Audio Salah satu format yang biasa ditemukan pada bitrate rendah. Format dari RealNetworks ini umumnya digunakan datam layanan streaming audio. Pada bitrate 128 kbps ke atas ReatAudio menggunakan standar AAC MPEG‑4. MIDI Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti etektronik tainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan akhir‑akhir ini sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone. Jadi dengan kata lain sebelum file Midi ini keluar, pendahulunya. adalah file Audio. Penggunaan file Audio inj masih banyak digemari oteh para pecinta musik dikarenakan oleh penggunaannya yang mudah dan murah. Dan dengan menggunakan file Audio tersebut maka skill dari pemusik tersebut akan kelihatan yang sebenarnya karena musik yang disajikan oteh si pemusik tersebut akan lebih bagus tagi bila diedit dengan menggunakan file Midi. Kekurangan: Akhir‑akhir ini pembajakan terhadap karya seni di Indonesia kian meningkat, sehingga merugikan para pemusik tersebut dan tentunya Negara juga dirugikan. Karya musik yang disajikan akhir‑akhir ini terlalu banyak melakukan perubahan oleh file Midi tersebut sehingga terdengar rapi dan bagus. Sehingga apabila ada konser Live pasti penonton kecewa karena apa, yang disajikan tidak sebaik yang di kaset. Misalnya : Konser AM 1, suara di kaset berbeda dengan penampilan Live, ini disebabkan converter[ Proses Edit } yang berlebihan. Kelebihan : Bagi pendatang baru yang ingin terjun ke dunia musik tetapi tidak mempunyai kemampuan yang lebih, maka dapat menggunakan file Midi tersebut. Karena dengan menggunakan file Midi ini apa saja dapat terjadi, suara yang sember bisa terdengar enak. Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bias dilakukan denga alat, harus disetting manual. Ada dua kategori software yang digunakan untuk menunjang music yaitu:
Berikut ini adalah beberapa software music player yaitu:
Berikut ini adalah beberapa software music maker:
Dan berikut adalah contoh tampilannya: Jadi dengan menggunakan teknologi komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan dengan mudah dengan bantuan plugin-plugin serta VSTi yang ada. Agar menghasilkan kualitas suara yang maksimal. Komputer dan FILM (VIDEO). Dengan adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam pembuatan video dapat ditambaha atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal. Berikut ini software yang biasa dipergunakan untuk mengedit video:
Dengan software – software tersebut saya rasa cukup untuk mengedit video. Tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan2 video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus. Berikut adalah contoh tampilan dari software untuk editing video: Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:
Jadi dengan adanya teknologi komputer kita dapat meningkatkan kualitas kita dalam berseni di segala bidang seni, tapi tetap saja yang terpenting dalam seni adalah seni itu sendiri dan tastenya. REFERENSI: |
0 komentar:
Posting Komentar